5 Tempat Wisata Sragen Paling Banyak Dikunjungi!

Saatnya melangkah ke kota kecil yang penuh pesona, Sragen, di mana setiap sudutnya memancarkan keindahan alam dan kekayaan budaya. Berkunjung ke 5 tempat wisata Sragen adalah sebuah pengalaman yang tak terlupakan, menyuguhkan keajaiban alam yang menakjubkan dan warisan budaya yang kaya. Berikut ini adalah 5 tempat wisata Sragen yang wajib Anda kunjungi

5 Tempat Wisata Sragen

1. Waduk Kedung Ombo (WKO)

Waduk Kedung Ombo (WKO)
Waduk Kedung Ombo (WKO)
Sumber : yukpiknik

Sragen, sebuah kabupaten di Jawa Tengah, Indonesia, menyajikan beragam destinasi wisata yang menarik perhatian pengunjung. Salah satu tempat yang banyak dikunjungi adalah Waduk Kedung Ombo (WKO). Waduk ini bukan hanya sebagai sumber daya air untuk irigasi, tetapi juga menjadi tempat rekreasi yang populer. Dikelilingi oleh hamparan sawah hijau yang indah, Waduk Kedung Ombo menawarkan pemandangan yang menakjubkan. Pengunjung dapat menikmati kegiatan air seperti perahu dayung, atau sekadar bersantai di tepi danau sambil menikmati angin sepoi-sepoi.

Harga tiket masuk dan jam operasional untuk kelima tempat wisata ini bervariasi. Untuk Waduk Kedung Ombo, tiket masuk biasanya terjangkau, dengan harga berkisar antara Rp 5.000 hingga Rp 10.000, tergantung pada fasilitas yang diakses. Jam operasional waduk ini umumnya dibuka setiap hari, mulai pagi hingga sore.

2. Gemolong Edupark

Gemolong Edupark
Gemolong Edupark
Sumber : nativeindonesia

Gemolong Edupark adalah destinasi lain yang menarik di Sragen, terutama bagi keluarga dengan anak-anak. Tempat ini merupakan taman edukasi yang menggabungkan hiburan dan pembelajaran. Gemolong Edupark menyediakan berbagai wahana permainan yang menyenangkan, sambil memberikan informasi pendidikan tentang lingkungan dan keberlanjutan. Area taman yang hijau dan bersih membuat Gemolong Edupark menjadi tempat ideal untuk menghabiskan waktu bersama keluarga.

Untuk Gemolong Edupark menetapkan harga tiket masuk yang bersahabat untuk pengunjung, biasanya berkisar antara Rp 10.000 hingga Rp 15.000. Gemolong Edupark buka setiap hari, memberikan fleksibilitas bagi wisatawan untuk mengunjungi tempat ini saat liburan atau akhir pekan.

Baca juga  7 Rekomendasi Kuliner di Wonogiri, Wajib Dicoba Para Penghobi Makan !

3. Gunung Kemukus

Gunung Kemukus
Gunung Kemukus
Sumber : naativeindonesia

Gunung Kemukus, meskipun bukan gunung yang tinggi, menawarkan pengalaman spiritual dan keindahan alam yang luar biasa. Terletak di Kecamatan Jenar, Gunung Kemukus terkenal karena kuil-kuil kecil dan ritual keagamaan yang dilakukan oleh masyarakat setempat. Pengunjung dapat menikmati pemandangan yang menakjubkan dari puncak gunung dan merasakan atmosfir keagamaan yang khas di tempat ini.

Sebagai destinasi alam dan spiritual, biasanya tidak mematok harga tiket masuk. Pengunjung dapat memberikan sumbangan sukarela untuk pemeliharaan tempat tersebut. Gunung Kemukus tidak memiliki jam operasional resmi, tetapi pengunjung dianjurkan untuk mengunjungi pada siang hari untuk pengalaman yang lebih aman.

4. Desa Wisata Batik Kliwonan

Desa Wisata Batik Kliwonan Bagian 5 Tempat Wisata Sragen
Desa Wisata Batik Kliwonan
Sumber : infojalanjalan

Desa Wisata Batik Kliwonan merupakan destinasi yang memperkenalkan pengunjung pada keindahan budaya batik Sragen. Desa ini memamerkan proses pembuatan batik secara tradisional, mulai dari menyiapkan kain hingga proses pewarnaan dan motif batik yang khas. Wisatawan dapat berinteraksi langsung dengan para pengrajin batik, bahkan belajar membuat batik sendiri. Desa ini tidak hanya menyajikan pengalaman belajar yang unik tetapi juga memungkinkan pengunjung untuk membawa pulang hasil karya batik mereka sebagai kenang-kenangan.

Biasanya mengenakan biaya masuk sekitar Rp 5.000 hingga Rp 10.000. Desa ini umumnya buka setiap hari, dan pengunjung dapat merencanakan kunjungan mereka sesuai dengan jadwal operasional desa.

5. Museum Sangiran

Museum Sangiran Adalah 5 Tempat Wisata Sragen
Museum Sangiran
Sumber : pinterest

Museum Sangiran, yang terletak di Desa Kalijambe, menjadi destinasi penting bagi pecinta arkeologi dan paleontologi. Museum ini menyimpan koleksi fosil manusia purba dan artefak prasejarah yang ditemukan di Situs Sangiran, yang diakui sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO. Pengunjung dapat menjelajahi galeri-galeri museum yang informatif dan mendalam, yang mengungkapkan sejarah evolusi manusia dan kehidupan prasejarah di daerah ini

Baca juga  5 Tempat Wisata Pekalongan Wajib Anda Kunjungi!

Museum Sangiran menetapkan tarif masuk yang terjangkau, seringkali berkisar antara Rp 5.000 hingga Rp 10.000. Museum ini biasanya buka setiap hari kecuali hari Senin, dan jam operasionalnya mulai pagi hingga sore. Namun, perlu diperhatikan bahwa jam operasional dapat berubah sewaktu-waktu, jadi disarankan untuk memeriksa jadwal terbaru sebelum mengunjungi.

Rekomendasi Oleh-Oleh Sragen

Sragen, sebuah kota kecil yang terletak di Jawa Tengah, terkenal dengan beragam oleh-oleh khasnya yang lezat dan unik. Bagi para wisatawan yang berkunjung ke Sragen, tidak lengkap rasanya jika tidak membawa pulang oleh-oleh khas dari daerah ini. Berikut adalah beberapa rekomendasi oleh-oleh khas Sragen yang patut Anda coba.

Walangan

Salah satu oleh-oleh khas Sragen yang sangat populer adalah Walangan. Walangan merupakan kue tradisional berbahan dasar ketan yang dibalut dengan daun pisang. Rasanya manis dan legit, membuatnya menjadi pilihan yang tepat sebagai oleh-oleh untuk keluarga dan kerabat.

Emping Garut

Emping Garut juga menjadi salah satu oleh-oleh unggulan dari Sragen. Emping ini terbuat dari melinjo yang diolah dengan cara tradisional sehingga menghasilkan rasa yang renyah dan gurih. Emping Garut biasanya disajikan sebagai teman makan nasi atau sebagai camilan.

Intip Mini Sragen

Intip Mini Sragen adalah oleh-oleh berupa kue kering yang terkenal dengan teksturnya yang renyah dan rasa yang gurih. Kue ini biasanya disajikan dalam kemasan yang menarik, sehingga cocok sebagai oleh-oleh atau sebagai hidangan saat bersantai bersama keluarga.

Saci

Saci merupakan camilan khas Sragen yang terbuat dari campuran tepung beras, gula, dan kelapa parut. Camilan ini memiliki cita rasa manis dengan tekstur yang kenyal. Saci biasanya disajikan dalam kemasan yang menarik, sehingga cocok sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.

Baca juga  5 Tempat Wisata Bogor yang Sering Didatangi Pengunjung

Keripik Tempe

Keripik tempe adalah salah satu oleh-oleh khas Sragen yang wajib Anda coba. Tempe yang diiris tipis kemudian digoreng hingga renyah, menjadikan keripik tempe sebagai camilan yang lezat dan renyah. Selain itu, keripik tempe juga tahan lama, sehingga cocok untuk dibawa sebagai oleh-oleh.

Gathot Sragen

Gathot Sragen merupakan makanan khas Sragen yang terbuat dari ketan yang dikukus dan kemudian dipanggang hingga matang. Makanan ini memiliki tekstur yang kenyal dan rasa yang gurih. Gathot Sragen biasanya disajikan dalam kemasan yang menarik, sehingga cocok sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.

Dengan keindahan alamnya, warisan budayanya, dan kuliner yang menggugah selera, Sragen menjadi destinasi yang sempurna bagi para pencari petualangan dan pecinta keindahan. Bersiaplah untuk merasakan pesona Sragen yang memukau dan meninggalkan kenangan indah yang tak terlupakan. Selain itu Sragen juga menawarkan pengalaman kuliner yang unik bagi para pengunjung. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba dan membawa pulang oleh-oleh khas Sragen saat berkunjung ke kota ini. Jangan lewatkan untuk menggunakan sewa mobil Sragen bagi Anda yang ingin berkunjung ke kota ini.Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat menikmati kuliner khas Sragen!

Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *