5 Tempat Wisata Purwokerto Populer Cocok Untuk Liburan

Selamat datang di Purwokerto, kota yang kaya akan keindahan alam dan kebudayaan di Jawa Tengah. Jika Anda merencanakan perjalanan liburan ke Purwokerto dan mencari tempat-tempat wisata yang populer, maka Anda berada di tempat yang tepat. Dalam artikel ini, kami akan mengajak Anda menjelajahi 5 tempat wisata Purwokerto yang paling banyak dikunjungi. Setiap tempat menawarkan vibes yang unik dan fasilitas yang memukau. Jadi, siapkan diri Anda untuk mengalami pesona Purwokerto yang tak terlupakan.

5 Tempat Wisata Purwokerto

1. Lokawisata Baturaden

Lokawisata Baturaden adalah salah satu tempat wisata terpopuler di Purwokerto. Terletak di ketinggian sekitar 650 meter di atas permukaan laut, Baturaden menawarkan udara segar dan pemandangan alam yang memukau. Salah satu daya tarik utama Baturaden adalah sumber air panas alami yang diyakini memiliki manfaat kesehatan. Anda dapat menikmati berendam di kolam air panas atau berjalan-jalan di sekitar taman yang indah.

Lokawisata Baturaden
Lokawisata Baturaden
Sumber : pinterest

Di dalam kompleks Lokawisata Baturaden, Anda juga dapat menikmati wahana permainan dan kegiatan outbond yang menarik. Terdapat flying fox, tali taut, dan ATV untuk Anda yang gemar adrenalien. Jika Anda ingin bermalam, terdapat juga resort dan hotel yang siap menyambut Anda di sekitar area Baturaden.

Fasilitas:

  • Area parkir yang luas.
  • Tempat wisata kuliner.
  • Wahana permainan dan taman bermain.
  • Kolam renang dan pemandian air panas.

Harga Tiket Masuk:

  • Dewasa: Rp 10.000
  • Anak-anak: Rp 5.000

Jam Operasional:

  • Senin – Minggu: 08.00 – 17.00 WIB

2. Bukit Tranggulasih

Bukit Tranggulasih adalah destinasi wisata yang sempurna bagi pecinta senja dan pesona alam. Bukit ini terletak sekitar 30 kilometer dari pusat Kota Purwokerto dan menawarkan pemandangan spektakuler yang memukau mata. Saat matahari terbenam, Bukit Tranggulasih menjadi tempat yang populer untuk menikmati pemandangan langit yang indah dan panorama kota yang menakjubkan.

Baca juga  5 Tempat Wisata Banjarnegara Paling Banyak Dikunjungi
Bukit Tranggulasih
Bukit Tranggulasih
Sumber : teras info

Selain menikmati senja yang memukau, Anda juga dapat melakukan kegiatan pendakian ke puncak bukit untuk menikmati panorama yang lebih luas. Jelas, Bukit Tranggulasih adalah tempat yang harus dikunjungi bagi Anda yang ingin berwisata alam dan menikmati pesona alam Purwokerto.

Fasilitas:

  • Area parkir yang terbatas.
  • Teras untuk bersantai dan menikmati pemandangan.
  • Warung makan dan minuman.

Harga Tiket Masuk:

  • Gratis

Jam Operasional:

  • 24 Jam (Tidak terdapat pengelolaan resmi, tetapi disarankan untuk berkunjung pada siang hari)

3. Curug Telu

Curug Telu adalah destinasi wisata air terjun yang indah di Purwokerto. Terletak di Desa Kemiri, Kecamatan Mojolaban, Curug Telu menawarkan pemandangan spektakuler dari tinggi air terjun yang mengalir deras. Suara gemuruh air yang jatuh dari ketinggian menambah keindahan dan ketenangan tempat ini.

Curug Telu
Curug Telu
Sumber : tribunnews

Anda dapat menikmati suasana yang damai di sekitar Curug Telu sambil berjalan-jalan atau duduk di bawah pohon rindang. Untuk pengunjung yang suka berpetualang, Anda juga bisa mencoba hiking di sekitar area air terjun untuk menikmati keasrian alam dan pepohonan yang hijau.

Fasilitas:

  • Area parkir terbatas di lokasi sekitar.
  • Jalur pendakian dan trekking.
  • Area piknik dan bersantai.

Harga Tiket Masuk:

  • Rp 5.000 per orang

Jam Operasional:

  • Senin – Minggu: 07.00 – 17.00 WIB

4. Telaga Sunyi

Telaga Sunyi adalah tempat yang sempurna bagi Anda yang mencari ketenangan dan kedamaian di tengah kehidupan perkotaan yang sibuk. Terletak sekitar 15 kilometer dari pusat kota Purwokerto, Telaga Sunyi menawarkan kolam dengan air jernih yang dikelilingi oleh hutan indah.

Telaga Sunyi
Telaga Sunyi
Sumber : jejak piknik

Anda dapat menikmati suasana yang tenang sambil berjalan-jalan di sekitar kolam atau duduk di bawah pohon rindang. Telaga Sunyi juga merupakan tempat yang populer untuk piknik dan pesta kecil bersama keluarga dan teman-teman. Jika Anda ingin menghabiskan waktu berlama-lama di sini, terdapat beberapa gazebo dan warung makan yang menawarkan makanan dan minuman segar.

Baca juga  7 Rekomendasi Wisata di Tangerang Untuk Liburan Akhir Tahun

Fasilitas:

  • Area parkir terbatas.
  • Area piknik dan bersantai.
  • Jalur hiking dan trekking di sekitar danau.

Harga Tiket Masuk:

  • Gratis

Jam Operasional:

  • Senin – Minggu: 24 Jam

5. Rumah Pohon Puncak Selok

Rumah Pohon Puncak Selok adalah tempat yang unik dan menarik untuk dikunjungi di Purwokerto. Terletak di kawasan hutan Puncak Selok, tempat ini menawarkan pengalaman naik ke tempat tinggi di pohon yang berbeda. Anda dapat mendapatkan suasana yang berbeda dari tempat-tempat lain di Purwokerto dan menikmati pemandangan alam yang indah sekitar area hutan.

Rumah-rumah pohon di Puncak Selok dilengkapi dengan fasilitas yang nyaman dan tempat kecil untuk menikmati pemandangan. Selain itu, Anda juga dapat melakukan kegiatan hiking dan trekking di sekitar hutan atau mengikuti kegiatan berkemah di area yang disediakan.

Harga Tiket Masuk:

  • Gratis

Jam Operasional:

  • 24 Jam (Tetapi disarankan datang sebelum gelap)

Dengan memilih salah satu atau bahkan mengunjungi semua tempat wisata yang disebutkan di atas, Anda akan merasakan keindahan dan pesona Purwokerto yang tak terlupakan. Jangan lupa membawa kamera dan bersiaplah untuk menciptakan kenangan indah selama perjalanan Anda di Purwokerto.

5 Tempat Wisata Purwokerto
5 Tempat Wisata Purwokerto
Sumber : batu network

Oleh-Oleh yang Harus Dibawa dari Purwokerto

Berikut adalah beberapa oleh-oleh khas Purwokerto yang cocok untuk dibeli sebagai oleh-oleh beserta penjelasan singkat mengenai masing-masing poin:

  1. Getuk Goreng: Getuk goreng adalah jajanan khas Purwokerto yang terbuat dari ketan yang digoreng dengan taburan wijen di atasnya. Rasanya manis dan gurih, serta teksturnya renyah di luar dan lembut di dalam.
  2. Klanting: Klanting merupakan jajanan tradisional berbahan dasar ketan yang dicampur dengan kelapa parut dan gula merah, kemudian dibungkus daun pisang. Klanting memiliki cita rasa manis dan tekstur yang lembut.
  3. Nopia: Nopia adalah kue kering khas Purwokerto yang terbuat dari campuran tepung terigu, gula, dan mentega, kemudian diisi dengan selai kacang. Kue ini memiliki cita rasa manis dan gurih.
  4. Tempe Mendoan: Tempe mendoan adalah tempe yang digoreng dengan adonan berbahan dasar terigu dan bumbu, sehingga menghasilkan tekstur renyah di luar dan lembut di dalam. Tempe mendoan sering dijadikan oleh-oleh karena kelezatannya.
  5. Keripik Tempe: Keripik tempe adalah camilan khas Purwokerto yang terbuat dari tempe yang diiris tipis dan digoreng hingga renyah. Rasanya gurih dan renyah, sehingga cocok sebagai oleh-oleh atau camilan.
  6. Mendoan Kriuk: Mendoan kriuk adalah versi kriuk dari tempe mendoan, di mana tempe digoreng hingga sangat renyah. Mendoan kriuk seringkali disukai sebagai camilan karena teksturnya yang renyah dan gurih.
  7. Cenil: Cenil adalah jajanan tradisional berbahan dasar tepung beras dan gula merah yang dibentuk bulat kecil. Cenil memiliki tekstur kenyal dan manis, serta sering dijadikan oleh-oleh.
Baca juga  Paket Wisata Indramayu, Tips Perjalanan Wisata Ke Indramayu !

Oleh-oleh khas Purwokerto tersebut dapat ditemukan di berbagai toko oleh-oleh dan pasar tradisional di kota tersebut. Masing-masing memiliki cita rasa dan keunikan tersendiri, sehingga cocok untuk dibeli sebagai oleh-oleh bagi para wisatawan yang berkunjung ke Purwokerto.

Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *