Intip 7 Rekomendasi Kuliner di Pangandaran Super Enak

Oke! Setelah kita membahas tentang kuliner populer dan enak di Solo, saatnya beralih ke Jawa Barat. Pangandaran, salah satu destinasi wisata pantai yang terkenal di Jawa Barat, tidak hanya menawarkan pesona pantainya yang menakjubkan, tetapi juga menyuguhkan kelezatan kuliner khas daerah.

Rekomendasi Kuliner di Pangandaran
Rekomendasi Kuliner di Pangandaran
Sumber : travelkompas.com

Bagi para pelancong yang mencari pengalaman kuliner yang tak terlupakan, Pangandaran adalah surga bagi pecinta makanan. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi beberapa rekomendasi kuliner di Pangandaran yang patut dicoba. Dari Sate Galunggung yang gurih hingga Nasi Liwet Jolem yang lezat, mari kita nikmati rekomendasi kuliner di Pangandaran yang menggugah selera.

Keunikan Makanan Khas Pangandaran

Kuliner khas Pangandaran memiliki keunikan tersendiri yang membuatnya berbeda dengan kuliner khas daerah lainnya. Salah satu keunikan kuliner khas Pangandaran adalah penggunaan bahan-bahan alami dan rempah-rempah yang khas. Bahan-bahan alami seperti ikan segar, daging sapi atau ayam, dan beras ketan menjadi bahan utama dalam pembuatan kuliner khas Pangandaran. Selain itu, rempah-rempah seperti terasi, kunyit, dan serai juga menjadi bahan penting dalam pembuatan kuliner khas Pangandaran.

Keunikan lain dari kuliner khas Pangandaran adalah cita rasa yang khas dan berbeda dengan kuliner khas daerah lainnya. Kuliner khas Pangandaran memiliki cita rasa yang gurih, pedas, dan segar sehingga cocok untuk disantap di siang atau malam hari. Beberapa kuliner khas Pangandaran yang terkenal antara lain sate Galunggung, Pindang Gunung, Soto Khas Pangandaran, Dawet Pangandaran, Tulang Jambal Roti, Rengginang Terasi, dan Nasi Liwet Jolem.

Rekomendasi Kuliner di Pangandaran

1. Sate Galunggung

Sate Galunggung
Sate Galunggung
Sumber : phinemo.com

Hidangan pertama yang tidak boleh Anda lewatkan saat berkunjung ke Pangandaran adalah Sate Galunggung. Sate ini memiliki cita rasa yang unik dan menggugah selera. Keunikan Sate Galunggung terletak pada bumbu kacang khasnya yang benar-benar berbeda dari sate biasa. Bumbu kacang ini memiliki tambahan gula merah yang memberikan rasa manis gurih yang lezat. Sate Galunggung disajikan dengan daging ayam, daging sapi, atau campuran keduanya yang telah dipanggang sempurna. Sate ini juga dilengkapi dengan lontong, potongan tomat, timun, dan bawang merah.

  • Harga Sate Galunggung: Harga satu porsi Sate Galunggung berkisar antara Rp25.000 hingga Rp35.000 tergantung pada pilihan daging dan lokasi penjualannya.
Baca juga  5 Rekomendasi Wisata di Mojosari, Pilihan Asik Untuk Akhir Pekan

2. Pindang Gunung

Pindang Gunung
Pindang Gunung
Sumber : viva.co.id

Nah kali ini mungkin ada yang berbeda. Pindang Gunung adalah hidangan ikan bakar yang menjadi andalan Pangandaran. Hidangan ini terkenal dengan citarasa asam pedas yang khas. Ikan segar, seperti ikan mujair atau nila, dibakar hingga garing dan disajikan dengan kuah pindang yang segar dan pedas. Kuah pindang biasanya dibuat dari campuran bumbu khas Jawa Barat, seperti daun kemangi, serai, daun jeruk, dan cabai. Hidangan ini cocok dinikmati dengan nasi hangat dan lalapan.

  • Harga Pindang Gunung: Harga Pindang Gunung berkisar antara Rp30.000 hingga Rp50.000 tergantung pada jenis ikan dan ukuran porsi yang Anda pilih.

3. Soto Khas Pangandaran

Soto Khas Pangandaran
Soto Khas Pangandaran
Sumber : carica.id

Soto adalah hidangan sup yang populer di seluruh Indonesia, dan Pangandaran memiliki versi khasnya sendiri. Soto Khas Pangandaran adalah hidangan yang nikmat dan cocok untuk sarapan atau makan siang. Hidangan ini terdiri dari sup ayam dengan kuah bening yang gurih, daging ayam yang empuk, tauge, dan ditaburi bawang goreng. Yang membuat Soto Khas Pangandaran istimewa adalah penggunaan bumbu rempah khas yang memberikan rasa khas pada kuahnya.

  • Harga Soto Khas Pangandaran: Harga satu porsi Soto Khas Pangandaran berkisar antara Rp15.000 hingga Rp25.000 tergantung pada tempat yang Anda kunjungi.

4. Dawet Pangandaran

Dawet Pangandaran
Dawet Pangandaran
Sumber : www.libur.co

Wah! Panas – panas enak yang segar. Dawet adalah minuman tradisional Indonesia yang terbuat dari campuran santan, gula merah, dan agar-agar hijau. Dawet Pangandaran memiliki ciri khas tersendiri dengan tambahan unik berupa irisan pisang dan potongan roti tawar. Minuman ini sangat cocok untuk menghilangkan dahaga di tengah teriknya cuaca Pantai Pangandaran. Rasanya yang manis dan segar menjadikan Dawet Pangandaran favorit di antara wisatawan.

Baca juga  7 Rekomendasi Kuliner di Ngawi, Icip Makanan Khas Kota Benteng

Harga Dawet Pangandaran: Harga satu gelas Dawet Pangandaran biasanya berkisar antara Rp7.000 hingga Rp15.000 tergantung pada ukuran dan tambahan bahan.

5. Tulang Jambal Roti

Tulang Jambal Roti
Tulang Jambal Roti
Sumber : kompas.com

Makanan ini adalah hidangan yang mungkin tidak asing di telinga para pecinta kuliner pedas. Hidangan ini terdiri dari jambal roti yang digoreng kering dan pedas, ditemani dengan lalapan, nasi putih, dan sambal. Tulang Jambal Roti adalah hidangan yang cocok untuk yang doyan pedas, karena cabai menjadi bumbu utama yang menghasilkan cita rasa yang pedas dan gurih.

  • Harga Tulang Jambal Roti: Harga satu porsi Tulang Jambal Roti berkisar antara Rp20.000 hingga Rp40.000 tergantung pada tempat yang Anda pilih.

6. Rengginang Terasi

Rengginang Terasi
Rengginang Terasi
Sumber : www.merdeka.com

Selanjutnya ada Rengginang adalah camilan kering yang terbuat dari beras dan garam, seringkali diberi berbagai varian rasa. Rengginang Terasi adalah varian rengginang khas Pangandaran yang memiliki cita rasa gurih dengan sedikit rasa terasi yang khas. Camilan ini sangat cocok untuk dinikmati saat bersantai di pantai atau sebagai oleh-oleh khas daerah.

  • Harga Rengginang Terasi: Harga rengginang tergantung pada ukuran kemasan dan produsen, tetapi biasanya berkisar antara Rp5.000 hingga Rp20.000.

7. Nasi Liwet Jolem

Nasi Liwet Jolem
Nasi Liwet Jolem
Sumber : www.survive-giezag.org

Kemudian ada Nasi Liwet Jolem adalah hidangan nasi khas Pangandaran yang lezat. Nasi liwet disajikan dengan lauk pauk seperti ayam goreng, telur pindang, tempe, sayuran, dan sambal terasi. Kelezatan hidangan ini terletak pada bumbu rempah yang meresap ke dalam nasi, memberikan cita rasa yang khas.  Nasi Liwet Jolem disajikan dengan lauk pauk seperti ayam goreng, ikan goreng, atau sate. Nasi Liwet Jolem memiliki cita rasa yang lezat dan gurih sehingga cocok untuk disantap di siang atau malam hari.

  • Harga Nasi Liwet Jolem: Harga satu porsi Nasi Liwet Jolem berkisar antara Rp20.000 hingga Rp40.000 tergantung pada tempat yang Anda pilih.
Baca juga  15 Rekomendasi Wisata di Kota Surabaya, Simak Selengkapnya !

Pangandaran adalah surganya kuliner bagi mereka yang mencari kelezatan hidangan khas daerah. Dari Sate Galunggung yang gurih hingga Nasi Liwet Jolem yang lezat, Anda akan menemukan berbagai pilihan makanan yang memanjakan lidah di sini.

Jadi, saat Anda berkunjung ke Pantai Pangandaran, pastikan untuk mencicipi hidangan-hidangan khas yang telah kami rekomendasikan. Selamat menikmati kuliner Pangandaran yang lezat dan nikmati liburan Anda dengan cita rasa yang tak terlupakan.

Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *