7 Rekomendasi Kuliner di Wonogiri, Wajib Dicoba Para Penghobi Makan !

Jawa Tengah, dengan beragam budayanya, telah lama dikenal sebagai surga kuliner di Indonesia. Salah satu daerah di Jawa Tengah yang kaya akan warisan kuliner adalah Wonogiri. Kota ini tidak hanya dikenal dengan keindahan alamnya, tetapi juga dengan hidangan lezat yang menggoda lidah. Dalam artikel ini, kami akan membawa Anda dalam perjalanan kuliner di Wonogiri dan memberikan rekomendasi kuliner di wonogiri yang tak boleh dilewatkan.

Rekomendasi Kuliner di Wonogiri

Saat berkunjung ke Wonogiri, ada beberapa hidangan yang wajib Anda coba. Salah satunya adalah Nasi Liwet, hidangan khas Wonogiri yang terbuat dari nasi yang dimasak dengan santan dan rempah-rempah khas Jawa Tengah. Nasi Liwet biasanya disajikan dengan berbagai lauk seperti ayam goreng kampung, tahu tempe, dan sambal khas Wonogiri. Rasanya yang gurih dan aromanya yang menggugah selera membuat hidangan ini menjadi favorit di kalangan lokal maupun wisatawan.

Selain Nasi Liwet, Wonogiri juga terkenal dengan Sate Buntel, hidangan daging yang dibalut dengan lemak daging sapi dan dibakar hingga matang. Sate Buntel memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang kaya karena lemak sapi yang meleleh di dalamnya. Hidangan ini biasanya disajikan dengan bumbu kacang yang khas dan lontong sebagai pendampingnya. Jika Anda mencari hidangan yang unik dan menggugah selera, Sate Buntel adalah pilihan yang tepat.

1. Nasi Liwet Wonogiri

 

Kuliner yang enak adalah Nasi Liwet Wonogiri merupakan sebuah hidangan khas dari kota Wonogiri, Jawa Tengah yang terkenal dengan kelezatannya. Nasi liwet ini terbuat dari nasi yang dimasak dengan menggunakan santan dan daun pandan, sehingga memiliki aroma yang wangi dan khas yang membuat siapa saja tak bisa menolak untuk mencobanya. Ditambah dengan lauk-pauk yang tersedia, seperti ayam suwir, tahu dan tempe goreng, serta sambal yang pedas membuat nasi liwet Wonogiri benar-benar menjadi makanan yang lezat.

Harga menu Nasi Liwet Wonogiri cukup terjangkau dengan rasa yang menggiurkan. Paket nasi liwet ini terdiri dari nasi liwet, ayam suwir, tahu goreng, tempe goreng, sambal, dan acar. Harga satu paket nasi liwet ini berkisar antara Rp12.000 hingga Rp20.000 tergantung dari tempat dan variasi menu yang dipilih. Sangat terjangkau bagi siapa saja yang ingin merasakan kelezatan hidangan khas Wonogiri ini.

2. Warung Tegal Wonogiri

Warung Makan Tegal Ayu

Kemudian rekomendasi kuliner di wonogiri ada Warung Tegal Ayu adalah salah satu warung makan yang harus Anda kunjungi ketika berada di Wonogiri. Mereka terkenal dengan hidangan sederhana yang lezat seperti nasi liwet, pecel lele, dan sambel goreng krecek. Semua hidangan di sini disajikan dengan rasa autentik dan porsi yang cukup besar. Hidangan sederhana ini pasti akan membuat perut Anda bahagia.

Baca juga  6 Rekomendasi Wisata di Batang yang Lagi Hits

Warung Makan Mbah Payem

Tempat lain yang wajib dikunjungi bagi pecinta kuliner adalah warung makan mbah payem. Mereka terkenal dengan hidangan soto ayam khas Wonogiri yang lezat. Soto ayam Mbah Payem terkenal dengan kuah bening, daging ayam yang empuk, serta rempah-rempah yang meresap ke dalam daging. Ditambah dengan nasi hangat, ini adalah hidangan yang memanjakan lidah.

3. Rumah Makan Nasi Gandul Joglo Mbah Lindu

Nasi Gandul rekomendasi kuliner di wonogiri adalah hidangan khas Wonogiri yang patut dicoba. Salah satu tempat terbaik untuk menikmati hidangan ini adalah di Rumah Makan Nasi Gandul Joglo Mbah Lindu. Nasi Gandul terbuat dari nasi yang dimasak dengan kuah kental dari santan, daging ayam atau sapi, serta rempah-rempah pilihan. Rasa gurih dan lezat dari hidangan ini akan membuat Anda ketagihan.

4. Sate Kambing Mbah Jeconiah

Hidangan yang tidak pernah kehilangan pesonanya di Wonogiri adalah Sate Kambing. Sate Kambing Mbak Jeconiah adalah salah satu tempat terbaik untuk menikmati hidangan ini. Potongan daging kambing yang empuk disajikan dengan bumbu kecap khas Jawa Tengah dan sambal yang pedas. Rasanya yang unik dan cita rasa yang autentik akan membuat Anda ingin kembali lagi.

5. Angkringan Sopo Ngiro

Salah satu warung angkringan yang sangat terkenal di kota Wonogiri, Jawa Tengah. Dengan konsep tradisional yang hangat dan ramah, tempat ini menjadi favorit bagi warga lokal dan wisatawan yang mencari hidangan lezat dengan harga yang terjangkau.

Hidangan di Angkringan Sopo Ngiro Wonogiri menampilkan beragam makanan tradisional Jawa Tengah yang memanjakan lidah. Salah satu hidangan yang menjadi primadona di sini adalah nasi kucing. Nasi kucing adalah hidangan khas angkringan yang terdiri dari nasi putih yang disajikan dalam porsi kecil, biasanya seukuran telapak tangan.

Yang membuat Angkringan Sopo Ngiro begitu istimewa adalah harganya yang sangat terjangkau. Anda dapat menikmati hidangan lezat di sini dengan harga yang tidak akan menguras dompet Anda. Harga nasi kucing di Angkringan Sopo Ngiro biasanya berkisar antara Rp 1.000 hingga Rp 3.000 per porsi, tergantung pada pilihan lauk yang Anda pilih. Bahkan dengan budget terbatas, Anda dapat menikmati rekomendasi kuliner di wonogiri yang memuaskan dan berlimpah di sini.

6. Ayam Panggang Mbok Tiyem

Kelezatan Ayam Panggang Mbok Tiyem Wonogiri merupakan salah satu kuliner khas Wonogiri yang terkenal dengan kelezatannya. Ayam panggang ini dibuat dengan bumbu yang unik dan khas membuat rasanya benar-benar istimewa. Sayangnya, untuk harganya sendiri tidak dapat dipastikan karena tergantung dari ukuran ayam yang dipesan dan tempat yang di pilih. Namun, harga yang diberikan sangat terjangkau dan juga sesuai dengan kualitas yang dihasilkan. Oleh karena itu, pengunjung tidak perlu khawatir mengeluarkan banyak uang untuk menikmati menu ini, karena sudah pasti sangat terjangkau.

Baca juga  Nikmati Pesona Alam dan Budaya, Telusuri Tempat Wisata di Ponorogo

7. Ayam Goreng Batas Kota

Di kota Wonogiri terdapat sebuah rumah makan yang menyajikan menu ayam goreng yang sangat lezat, yaitu Rumah Makan Ayam Goreng Batas Kota. Selain ayam goreng, rumah makan ini juga menyediakan berbagai macam lauk pauk dan menu tambahan seperti sate ayam, tahu tempe goreng, dan masih banyak lagi. Ayam goreng di rumah makan ini memiliki kulit yang crispy dan dagingnya yang empuk sehingga membuat siapapun yang mencobanya tak akan bisa berhenti. Selain itu, harganya juga bersahabat dengan kantong di harga sekitar Rp 18.000 per porsi.

Rumah makan ini memiliki tempat yang nyaman dan bersih, sehingga pengunjung dapat menikmati hidangan dengan tenang dan nyaman. Harga menu yang terjangkau juga membuat rumah makan ini menjadi favorit di kalangan wisatawan yang berkunjung ke Wonogiri. Jika Anda berencana untuk mencari makanan enak dan murah saat berkunjung ke Wonogiri, Rumah Makan Ayam Goreng Batas Kota patut untuk menjadi pilihan Anda.

Menjelajahi Budaya Makanan Jalanan di Wonogiri

Bagi pecinta kuliner, menjelajahi makanan jalanan adalah sebuah petualangan yang tidak boleh dilewatkan. Di Wonogiri, Anda akan menemukan berbagai makanan jalanan yang lezat dan unik. Salah satu makanan jalanan yang populer adalah Gethuk Goreng. Gethuk adalah makanan tradisional yang terbuat dari ketela pohon yang direbus dan dihaluskan. Kemudian, gethuk dicetak menjadi bentuk yang unik, seperti bulat atau persegi panjang, dan digoreng hingga renyah. Gethuk Goreng biasanya disajikan dengan parutan kelapa dan gula merah, memberikan kombinasi rasa yang manis dan gurih yang sempurna.

Selain Gethuk Goreng, ada juga Sate Kelinci yang merupakan hidangan makanan jalanan yang unik di Wonogiri. Sate ini terbuat dari daging kelinci yang dipotong kecil-kecil, ditusuk dengan bambu, dan dibakar hingga matang. Sate Kelinci biasanya disajikan dengan bumbu kacang yang khas dan irisan bawang merah. Rasanya yang lezat dan teksturnya yang kenyal membuat Sate Kelinci menjadi favorit di kalangan pecinta kuliner lokal.

Acara dan Festival Kuliner di Wonogiri

Wonogiri juga dikenal dengan berbagai acara dan festival kuliner yang menarik. Salah satu festival yang paling populer adalah Wonogiri Culinary Festival. Festival ini diadakan setiap tahun dan menampilkan berbagai hidangan khas Wonogiri serta pertunjukan seni dan budaya. Acara ini menjadi tempat yang sempurna untuk mencoba berbagai hidangan lezat dan merasakan kehidupan budaya masyarakat Wonogiri.

Baca juga  Sejarah dan Fakta Unik Jember, Belum Diketahui Banyak Orang

Selain festival kuliner, Wonogiri juga memiliki berbagai acara lain seperti pasar malam dan pameran kuliner. Acara-acara ini menawarkan berbagai hidangan lezat dan juga kesempatan untuk mencicipi makanan jalanan yang populer. Jika Anda mengunjungi Wonogiri pada saat ada acara atau festival kuliner, jangan lewatkan kesempatan untuk merasakan kehidupan kuliner yang bersemangat di kota ini.

Tips untuk Para Pecinta Kuliner yang Mengunjungi Wonogiri

Sebelum Anda mengunjungi Wonogiri, ada beberapa tips yang perlu Anda ketahui sebagai pecinta kuliner. Pertama, jangan ragu untuk mencoba hidangan-hidangan tradisional yang mungkin terdengar asing bagi Anda. Wonogiri menawarkan banyak hidangan yang unik dan lezat, jadi jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi semuanya.

Kedua, jangan takut mencicipi makanan jalanan. Makanan jalanan di Wonogiri aman dan lezat, dan merupakan bagian penting dari budaya kuliner kota ini. Jika Anda ragu, carilah makanan jalanan yang populer dan banyak dikunjungi oleh orang-orang setempat.

Terakhir, jangan lupa untuk menjaga kebersihan dan kesehatan saat mencicipi hidangan di Wonogiri. Pastikan Anda mencuci tangan sebelum dan setelah makan, serta memilih tempat makan yang bersih dan terpercaya.

Mengapa Wonogiri Harus Ada di Daftar Destinasi Para Pecinta Kuliner

Wonogiri adalah surga bagi para pecinta kuliner. Jangan lupa juga menggunakan sewa mobil dari agen travel terpercaya Gavriel Rentcar. Karena Kota ini memberikan rekomendasi kuliner di wonogiri yang menggugah selera dan juga menyimpan permata kuliner yang tersembunyi. Dari makanan jalanan yang unik hingga restoran dan kafe yang menawarkan pengalaman kuliner yang istimewa, Wonogiri memiliki segalanya untuk memuaskan selera Anda. Jangan lupa untuk menjelajahi pasar tradisional dan mencicipi hidangan-hidangan tradisional yang autentik . Dengan berbagai acara dan festival kuliner yang menarik, Wonogiri juga menjadi tempat yang sempurna untuk mencicipi kehidupan kuliner yang bersemangat.

Jadi, jika Anda seorang pecinta kuliner yang mencari petualangan baru, tambahkan Wonogiri ke dalam daftar tujuan Anda apalagi jika menggunakan travel Wonogiri dari Surabaya. Anda tidak akan kecewa dengan kekayaan kuliner yang ditawarkan oleh kota ini. Selamat menjelajahi dunia kuliner Wonogiri dan selamat menikmati hidangan yang lezat!

Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *