Wajib Kesini! 5 Tempat Wisata Jogja Terpopuler

Jogja, atau Yogyakarta, adalah destinasi wisata yang terkenal di Indonesia karena kekayaan budayanya yang khas dan pesona alamnya yang memesona. Kota ini menawarkan berbagai tempat wisata yang menarik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Dari candi sejarah hingga wisata alam yang menakjubkan, Jogja memiliki segalanya. Berikut adalah 5 tempat wisata Jogja yang banyak dikunjungi dan tak boleh dilewatkan saat berkunjung ke kota ini.

1. Prambanan Temple

Prambanan adalah salah satu candi Hindu terbesar di Indonesia dan juga merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO. Candi ini terletak sekitar 17 kilometer dari pusat Kota Yogyakarta. Prambanan terkenal karena arsitektur yang megah dan relief reliefnya yang indah, yang menceritakan kisah-kisah epik dari mitologi Hindu. Candi ini juga menjadi lokasi yang populer untuk menyaksikan pertunjukan tari Ramayana yang spektakuler di malam hari. Wisatawan sering datang ke Prambanan untuk mengagumi keindahan arsitektur klasiknya dan untuk merasakan atmosfir mistis yang terasa di sekitarnya.

Prambanan Temple
Prambanan Temple
Sumber : flickr.com

Keindahan Arsitektur Klasik Prambanan

Prambanan dikenal dengan keindahan arsitektur klasiknya yang menakjubkan. Candi ini memiliki tiga candi utama yang didedikasikan untuk Trimurti dalam kepercayaan Hindu, yaitu Dewa Siwa, Wisnu, dan Brahma. Struktur batu-batu candi yang menjulang tinggi dan rinciannya yang halus menjadi daya tarik utama bagi pengunjung.

2. Taman Sari

Taman Sari merupakan kompleks keraton yang dulunya digunakan sebagai tempat peristirahatan bagi keluarga kerajaan Mataram. Terletak tidak jauh dari Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Taman Sari adalah contoh arsitektur Jawa yang anggun dan indah. Kompleks ini terdiri dari taman-taman, kolam-kolam, dan bangunan-bangunan bersejarah yang menakjubkan. Taman Sari adalah tempat yang tepat untuk menelusuri sejarah dan keindahan arsitektur tradisional Jawa.

Taman Sari
Taman Sari
Sumber : pinterest

Keindahan Arsitektur dan Lanskap Taman Sari

Taman Sari menawarkan keindahan arsitektur tradisional Jawa yang masih terjaga dengan baik. Bangunan-bangunan yang megah, kolam-kolam yang indah, dan taman-taman yang hijau menciptakan suasana yang tenang dan memikat bagi pengunjung. Tempat ini juga menyuguhkan pemandangan yang memesona untuk dinikmati dan difoto.

3. Hutan Pinus Pengger

Hutan Pinus Pengger merupakan destinasi wisata alam yang populer di Jogja. Terletak di kaki Gunung Merapi, hutan ini menawarkan udara segar, pemandangan yang menakjubkan, dan suasana yang tenang. Pengunjung sering datang ke Hutan Pinus Pengger untuk menikmati keindahan alamnya, berjalan-jalan di tengah pepohonan pinus yang tinggi, dan menikmati udara sejuk pegunungan.

Hutan Pinus Pengger
Hutan Pinus Pengger
Sumber ; liburdulu.com

Pesona Alam Hutan Pinus Pengger

Hutan Pinus Pengger menawarkan pesona alam yang memukau dengan pepohonan pinus yang menjulang tinggi dan udara segar yang mengalir. Pengunjung dapat menikmati kegiatan seperti piknik, berjalan-jalan, atau sekadar duduk bersantai sambil menikmati keindahan alam sekitar. Suasana tenang dan damai membuat Hutan Pinus Pengger menjadi tempat yang cocok untuk melepaskan penat dan bersantai dari hiruk-pikuk kota.

4. HeHa Sky View

HeHa Sky View adalah tempat wisata yang menawarkan pemandangan spektakuler Kota Yogyakarta dari ketinggian. Terletak di daerah Kaliurang, tempat ini menawarkan wahana flying fox, sky swing, dan berbagai aktivitas seru lainnya yang cocok untuk dinikmati bersama keluarga atau teman-teman. Pengunjung dapat menikmati keindahan alam Jogja sambil merasakan sensasi petualangan yang menegangkan.

HeHa Sky View
HeHa Sky View
Sumber : piknikdong.com

Sensasi Petualangan di HeHa Sky View

HeHa Sky View adalah tempat yang cocok bagi para pecinta petualangan dan penggemar aktivitas outdoor. Wahana flying fox dan sky swing menawarkan pengalaman yang menegangkan namun seru, sambil menikmati pemandangan yang memukau dari ketinggian. Pengunjung juga dapat mengabadikan momen-momen seru mereka di tengah udara terbuka yang sejuk.

5. Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat

Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat adalah istana kerajaan yang menjadi simbol kebudayaan dan sejarah Jogja. Sebagai rumah bagi Sultan Yogyakarta dan keluarganya, Keraton merupakan pusat kegiatan budaya dan spiritual yang penting bagi masyarakat Jogja. Pengunjung dapat menelusuri ruang-ruang istana yang megah, melihat koleksi barang antik, dan menyaksikan pertunjukan kesenian tradisional Jawa.

Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat
Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat
Sumber : pinterest

Kehidupan Budaya di Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat

Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat adalah tempat yang memperkaya kehidupan budaya Jogja. Pengunjung dapat mempelajari sejarah dan tradisi Jawa yang kaya melalui berbagai artefak dan benda bersejarah yang dipamerkan di dalam keraton. Pertunjukan kesenian tradisional seperti wayang kulit dan tarian Jawa juga menjadi bagian tak terpisahkan dari pengalaman berkunjung ke Keraton.

7 Oleh-Oleh Khas Jogja

Yogyakarta adalah salah satu kota di Indonesia yang terkenal dengan kekayaan budayanya. Selain itu, Jogja juga terkenal dengan oleh-oleh khasnya yang sangat terkenal dan menjadi buruan para wisatawan. Berikut adalah 7 oleh-oleh khas Jogja yang wajib kamu bawa pulang.

1. Gudeg

Pertama, Gudeg adalah makanan khas Jogja yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan dan rempah-rempah. Gudeg biasanya disajikan dengan nasi, ayam, telur, dan sambal krecek. Gudeg memiliki rasa yang manis dan gurih, serta aroma rempah yang khas. Gudeg bisa bertahan hingga 3 hari dalam suhu ruangan dan hingga 1 minggu dalam kulkas.

2. Wedang Uwuh

Kedua, Wedang Uwuh adalah minuman khas Jogja yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan gula merah dan rempah-rempah. Wedang Uwuh memiliki rasa manis dan gurih, serta aroma rempah yang khas. Wedang Uwuh bisa bertahan hingga 1 minggu dalam suhu ruangan.

3. Tiwul

Selanjutnya ada Tiwul adalah oleh-oleh khas Jogja yang terbuat dari ketan yang dicampur dengan gula dan kelapa parut. Tiwul memiliki rasa manis dan lembut, serta tekstur yang kenyal. Tiwul bisa bertahan hingga 1 minggu dalam suhu ruangan.

4. Bakpia

Kemudian ada Bakpia adalah oleh-oleh khas Jogja yang paling terkenal. Bakpia terbuat dari tepung terigu, gula, dan kacang hijau sebagai isian. Bakpia terkenal dengan rasa manisnya yang pas dan teksturnya yang lembut. Ada banyak varian rasa bakpia yang bisa kamu pilih, seperti rasa kacang hijau, coklat, keju, dan masih banyak lagi.

Bakpia
Bakpia
Sumber : pesanmakan

5. Geplak

Lalu selanjutnya ada Geplak adalah oleh-oleh khas Jogja yang terbuat dari kelapa parut yang dicampur dengan gula dan pewarna alami. Geplak memiliki rasa manis dan lembut, serta tekstur yang kenyal. Geplak bisa bertahan hingga 1 minggu dalam suhu ruangan.

6. Yangko

Oleh-oleh lainnya yaitu Yangko adalah oleh-oleh khas Jogja yang terbuat dari tepung ketan yang dicampur dengan gula dan kelapa parut. Yangko memiliki rasa manis dan lembut, serta tekstur yang kenyal. Yangko bisa bertahan hingga 1 minggu dalam suhu ruangan.

7. Belalang Goreng

Kalau ini sedikit unik ya, Belalang goreng adalah oleh-oleh khas Jogja yang terbilang ekstrim dan tidak mudah ditemukan selain di tempat asalnya. Belalang goreng memiliki rasa gurih dan pedas, serta aroma yang khas. Belalang goreng bisa bertahan hingga 1 minggu dalam suhu ruangan.Itulah 7 oleh-oleh khas Jogja yang wajib kamu bawa pulang. Selain rasanya yang enak, oleh-oleh khas Jogja juga memiliki kemasan yang unik dan menarik. Jangan lupa untuk membeli oleh-oleh khas Jogja saat berkunjung ke kota ini.

5 tempat wisata Jogja
5 tempat wisata Jogja
Sumber : pinterest

Dengan keindahan alamnya yang menakjubkan, kekayaan budayanya yang luar biasa, dan keramahan penduduknya, Jogja menjadi destinasi wisata yang sangat menarik bagi wisatawan dari berbagai penjuru dunia. Dengan mengunjungi lima tempat wisata yang telah disebutkan di atas, pengunjung akan mendapatkan pengalaman tak terlupakan dan memahami pesona Jogja yang sesungguhnya. Jangan lupa juga untuk gunakan layanan sewa Hiace Jakarta Jogja dari Gavriel Rentcar ya!

Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *