Fakta Unik Purworejo, Terkenal di Abad ke-19

Masih ingat dengan artikel yang membahas tentang tempat makan di Purworejo sebelumnya. Dimana di artikel tersebut telah dibahas tempat-tempat makan pilihan di purworejo. Yang mana setiap tempat makannya pasti menyajikan kuliner-kuliner dan masakan yang enak dan pastinya asli khas purworejo.

Untuk artikel kali ini, yang akan dibahas adalah kota purworejo dan fakta-fakta uniknya. Kota Purworejo adalah sebuah destinasi yang terletak di Provinsi Jawa Tengah, Indonesia, menyimpan sejumlah fakta unik yang membuatnya menjadi tujuan yang menarik bagi para wisatawan dan peneliti sejarah. 

Dikenal dengan keindahan alamnya yang menawan, budaya yang kaya, dan warisan sejarah yang memukau, Purworejo memamerkan daya tarik yang membedakannya dari kota-kota lain di Jawa Tengah. Mari kita menjelajahi beberapa fakta menarik tentang kota ini yang memperkaya pengetahuan kita tentang tempat ini.

Kota yang Disegani di Abad ke-19

Kota purworejo abad 19 | sumber : kompas.com/stori/read/2022/02/10/110000679/asal-usul-nama-dan-sejarah-purworejo

Purworejo, sebuah kota yang disegani di abad ke-19, memiliki sejarah panjang yang mempesona. Pada masa itu, kota Purworejo dikenal sebagai pusat pemerintahan yang kuat dan penting di wilayah Jawa Tengah. Keberhasilannya dalam memelihara kedaulatan dan kemandiriannya membuatnya diperhitungkan dan dihormati oleh berbagai pihak.

Selama masa Kesultanan Mataram hingga abad ke-19, Purworejo dikenal dengan nama Bagelen. Bagelen adalah wilayah yang sangat dihormati oleh wilayah lainnya karena dalam sejarahnya terdapat beberapa tokoh penting. Salah satu contohnya adalah dalam penyebaran agama Islam di Jawa Selatan.

Dimana tokoh seperti Sunan Geseng, yang juga dikenal sebagai ulama besar, memiliki pengaruh yang merentang hingga Daerah Istimewa Yogyakarta dan Kabupaten Magelang. Selain itu, tokoh-tokoh dari Bagelen memainkan peran penting dalam berbagai operasi militer. 

Termasuk dalam perang Diponegoro, di mana wilayah Bagelen menjadi medan pertempuran. Akhirnya, wilayah ini menjadi karesidenan di bawah kekuasaan Hindia Belanda dengan ibu kota di Kota Purworejo.

Baca juga  8 Tips Memilih Travel Jakarta Karawang Untuk Tujuan Bisnis

Kota Purworejo dan sejarah Pasukan Andalan Sutawijaya

Selain sejarah gemilangnya, Purworejo juga dikenal karena peran kunci yang dimainkan dalam sejarah Jawa. Kota ini merupakan pusat perjuangan pasukan andalan Sutawijaya, seorang tokoh penting dalam pembentukan Kerajaan Mataram yang kuat. Pasukan ini memiliki peran vital dalam mengamankan wilayah dan memperluas pengaruh Mataram pada masanya, dan Purworejo menjadi tempat strategis dalam perjuangan tersebut.

Dalam pembentukan kerajaan Mataram Islam, Bagelen atau Purworejo adalah kekuatan utama yang didukung oleh Sutawijaya, yang kemudian setelah naik tahta dengan gelar Panembahan Senapati. Sutawijaya juga mendirikan Kesultanan Mataram yang berpusat di Kotagedhe.

Sutawijaya atau Danang Sutowijoyo adalah anak dari Ki Gede Pemanahan yang membantu Jaka Tingkir dalam mengatasi Aryo Penangsang, adipati Jipangpanolan, dalam situasi krisis politik Kesultanan Demak Bintoro menjelang akhir pemerintahan Sultan Trenggana.

Kota Penghasil Rempah-rempah

Rempah-rempah purworejo | sumber : kemenparekraf.go.id/hasil-pencarian/rempah-rempah-khas-indonesia-yang-banyak-diekspor

Purworejo juga terkenal sebagai sentra penghasil rempah-rempah yang melimpah. Tanah subur dan iklim tropisnya memungkinkan pertumbuhan beragam rempah-rempah, termasuk cengkih, pala, dan lada. Produksi rempah-rempah ini telah memberikan kontribusi besar bagi ekonomi kota dan mengakar dalam kebudayaan lokal.

Di tingkat Provinsi Jawa Tengah, Purworejo merupakan salah satu pusat produksi rempah-rempah, seperti kapulaga, temulawak, kemukus, kencur, jahe, dan kunyit, yang saat ini telah menjadi komoditas biofarmasi yang diawasi oleh Direktorat Jenderal Hortikultura. 

Rempah-rempah tersebut digunakan tidak hanya sebagai bumbu penyedap dalam masakan, tetapi juga sebagai bahan baku untuk pembuatan jamu. Kapulaga merupakan rempah-rempah yang paling banyak dihasilkan di Purworejo, dan sekitar 75 pabrik jamu di Jawa Tengah mengandalkan pasokan bahan baku dari Kabupaten Purworejo.

Kota Peternakan Ettawa

Peternakan Ettawa di Purworejo | sumber : kambingetawa.org/peternakan-etawa-pekanbaru

Selain rempah-rempah, Purworejo juga dikenal dengan peternakan etawa yang berkembang pesat. Kambing etawa merupakan salah satu sumber daya alam yang bernilai tinggi di kawasan ini. Peternakan etawa telah memberikan lapangan pekerjaan dan pendapatan yang signifikan bagi masyarakat Purworejo, menjadikan kota ini sebagai pusat perhatian dalam industri peternakan di Jawa Tengah.

Baca juga  Travel Tangerang Majalengka, Jangan Ragu Lakukan Solo Travel!

Ternak khas Purworejo adalah kambing peranakan etawa (PE), yakni kambing yang berasal dari India dengan ukuran tubuh yang besar. Mayoritas peternakan kambing PE terletak di Kecamatan Kaligesing, sementara beberapa lainnya berada di Kecamatan Purworejo, seperti Bruno dan Kemiri.

Setiap tahun, ribuan kambing ini dijual di luar wilayah Purworejo, termasuk ke Jawa Timur, Sumatera, dan Kalimantan. Bahkan, pada tahun 2005 hingga 2006, beberapa kambing PE diekspor ke Malaysia. Produk susu yang dihasilkan oleh kambing etawa juga sangat populer dan memiliki manfaat kesehatan yang signifikan.

Ayo Kunjungi Kota Purworejo

Sebagai kota dengan fakta unik yang mempesona, Purworejo memang memiliki daya tarik yang tak terbantahkan. Keindahan alam, budaya yang kaya, serta warisan sejarah yang berlimpah adalah bagian integral dari kejayaan kota ini. Dari kerajinan tangan tradisional hingga kekayaan kuliner lokal yang lezat. 

Menyadari keindahan dan keuinkan kota Purworejo. Gavriel rentcar ingin membantu para pelancong dan wisatawan yang ingin menjelajahi kekayaan alam dan budaya kota tersebut. Dengan cara gavriel-rentcar menyediakan jasa sewa mobil elf purworejo.

Hal ini karena, selain mobil elf sudah terbukti adalah yang terbaik untuk jalan-jalan di Purworejo. Mobil elf yang disewakan oleh gavriel-rentcar juga datang dengan promo dan penawaran menarik. Jadi, ayo sewa mobilnya sekarang dan nikmati jalan-jalan mengelilingi kota yang disegani di abad ke-19 ini

Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *