6 Rekomendasi Kuliner Khas Surabaya Murah dan Enak

Surabaya merupakan salah satu kota terbesar di Indonesia yang terletak di pulau Jawa, tepatnya di Jawa Timur. Ragam kuliner khas Surabaya yang bervariasi ini membuatnya menjadi salah satu kota tujuan kuliner di pulau Jawa.

Hal ini seolah-olah menutupi kelemahannya di dalam hal wisata alam. Karena tidak seperti kota besar lainnya di Jawa Timur seperti Malang, Surabaya memang tidak mempunyai begitu banyak destinasi wisata alam.

Variasi makanan khas Surabaya berasal dari banyak lapisan. Kamu bisa menikmatinya ala makanan restoran, kafe, warung makan dan kedai di pinggir jalan. Mencicipi kuliner di Surabaya tidak akan cukup dilakukan dalam sehari karena jumlahnya sangat banyak.

Dalam artikel kali ini, akan diberikan 10 rekomendasi makanan khas dari Surabaya yang paling populer dan wajib untuk dicoba apabila kamu berkunjung ke Kota Pahlawan ini. Yuk, simak ulasan di bawah ini sampai dengan selesai.

Rekomendasi Kuliner Khas Surabaya 

Berikut adalah daftar rekomendasi makanan khas dari Surabaya :

1. Rujak Cingur

Kuliner Khas Surabaya 
Kuliner Khas Surabaya 

Makanan khas dari Surabaya yang pertama adalah rujak cingur. Bagi kamu yang mengaku pecinta rujak, wajib mencoba olahan rujak yang satu ini. Rujak cingur terdiri dari dua jenis, yaitu rujak cingur matengan yang semua bahannya dimasak dan rujak cingur campur buah.

Dalam rujak cingur matengan terdapat lauk lontong, tauge, kangkung, tahu goreng, tempe goreng dan cingur. Sedangkan untuk rujak cingur campur buah, di dalamnya akan ditambah buah nanas, mangga muda, bengkuang dan mentimun. 

Untuk makanan khas kali ini sudah sangat terkenal dan enak. Apalagi, harga yang ditawarkan juga tergolong murah dan rata-rata hanya berkisar Rp20.000,00 saja per porsinya.

2. Sate Klopo

Apa jadinya jika kelapa dijadikan olahan sate? Kamu harus mencobanya sendiri ketika berkunjung ke Surabaya. 

Rekomendasi makanan khas Surabaya yang kedua adalah sate klopo. Klopo merupakan bahasa Jawa yang berarti kelapa. Sate klopo memang menggunakan buah kelapa sebagai bahan campuran satenya. 

Untuk olahan makanan kali ini terbuat dari daging sapi yang diiris tipis dan diberikan lumuran kelapa sebelum dibakar. Hal ini yang menjadi pembeda sate klopo dengan sate-sate lainnya. 

Jika sate pada umumnya dibakar menggunakan kecap, sate klopo dibalur dulu menggunakan parutan kelapa sebelum dibakar. Rasa yang ditawarkan oleh sate klopo adalah gurih ala kelapa yang menyatu dengan daging bakar, sehingga sensasi yang diberikan tidak biasa.

3. Lontong Balap

Kuliner Khas Surabaya 
Kuliner Khas Surabaya 

Lontong balap merupakan makanan khas ketiga yang direkomendasikan bagi para pecinta kuliner yang akan berkunjung ke Kota Pahlawan ini. Makanan kali ini balap terbuat dari campuran lontong, taoge, tahu, daging sapi dan lento.

Kuah lontong balap berwarna kecoklatan, yang dihasilkan dari siraman bumbu petis. Rasanya tentu tidak kalah autentik dengan kuliner-kuliner Surabaya lainnya.

4. Tahu Telor/Tahu Tek

Makanan khas selanjutnya adalah tahu telur atau tahu tek. Makanan yang satu ini berisi potongan tahu yang dicampur dengan telur, lalu digoreng bersamaan dan dipotong-potong.

Di atasnya ditambahkan tauge, kentang dan kemudian disiram menggunakan saus kacang pedas ditambah petis khas Surabaya dan kerupuk. Hmm membayangkannya saja sudah bikin ngiler.

5. Kepiting Cak Gundul 1992

Kuliner Khas Surabaya 
Kuliner Khas Surabaya 

Bagi kamu yang mengaku pecinta seafood, ketika ke Surabaya wajib mencoba makanan khas yang satu ini. Rekomendasi kuliner di Surabaya kelima adalah kepiting Cak Gundul 1992 yang sudah terkenal dan sudah mulai beroperasi sejak 1992 silam. Saat ini restoran kepiting Cak Gundul sudah membuka beberapa cabang dan saking ramainya pengunjung yang memadati restorannya.

Kepiting Cak Gundul terkenal dengan rasa kelezatan di kepitingnya yang berukuran besar, segar dan harganya sangat terjangkau. Selain kepiting, di restoran ini juga menyediakan hidangan seafood lain seperti ikan-ikanan, udang, cumi-cumi dan juga ayam.

6. Tahu Campur

Untuk rekomendasi makanan khas Surabaya terakhir adalah tahu campur. Tahu campur menjadi salah satu kuliner berkuah yang segar dan menghangatkan. Selain itu, tahu campur juga mempunyai banyak kandungan gizi karena terdiri dari banyak sayur dan sumber protein dalam setiap porsinya.

Di dalam tahu campur terdapat sayuran, irisan tahu goreng, perkedel ubi (lento), daging, tauge, mie kuning, tumis dan kuah kaldu daging yang sangat lezat. Semua bahan-bahan tersebut dipotong, lalu disiram kuah yang terbuat dari bumbu-bumbu yang sudah dicampur dengan petis. Dijamin enak apalagi dengan tambahan sambal dan kerupuk udang.

Itulah dia 6 rekomendasi kuliner khas Surabaya yang tidak boleh kamu lewatkan. Untuk menunjang aktivitas berkuliner di Surabaya, kamu bisa menggunakan layanan rental mobil Surabaya terbaik dari Gavriel Rentcar. Dijamin perjalananmu bersama sewa mobil di Kota Surabaya dan akan menjadi nyaman dan aman. 

Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *